Senin, 06 Desember 2010

Flowchart-Pseudocode-Program

Type Data
Integer                        =bil bulat         (12345..)
Real                =bil pecahan  ((5,6)(7,8),..)
Char                =1 huruf          (a.b,c,..)
String              =banyak huruf (saya)
Const              =bil tetap          (tak tambah)
Boolen                        =true/false

Menghitung rata2 dari 3 bilangan input:

Pseudocode
(Algoritma rata2)
Deklarasi
b1 :Integer                  Total :Integer
b2 :Integer                  Rata2:Real
b3 :Integer

Deskripsi

Write               (masukkan bil1=)                              (input)
Read               (b1)
Write               (masukkan bil2=)
Read               (bil2)
Write               (masukkan bil3=)
Read               (bil3)

Total                =b+b2+b3                                          (proses)
Rata2              =total/3

Write               (bilangan 1 =,b1)                               (output)
Write               (bilangan 2 =,b2)
Write               (bilangan 3 =,b3)
Write               (total =,total)
Write               (rata2 =,rata)

Program

Program rata2,                        -realn
Uses crt,
Var
b1,b2,b3,total=integer
rata2=real;

begin
write    (‘masukkan bilangan1 =’)
readln (b1);
write    (‘masukkan bilangan2 =’)
readln (b2);
write    (‘masukkan bilangan3 =’)
readln (b3);

total :=b1+b2+b3;
rata;=total/3;                           -begin user;

writeln (‘bilangan 1=;b1)
writeln (‘bilangan 2=;b2)
writeln (‘bilangan 3=;b3)
writeln (‘total=;total)
writeln (‘rata2=;rata2)            end;
readln;
end



Looping       
            Struktur perulangan yg dapat melakukan pengulangan sederet instruksi sesuai persyaratan yg ditetapkan.

Struktur perulangan :

  1. Kondisi perulangn    
Yaitu suatu kondisi yg harus dipenuhi agar perulangan dapat terjadi.
  1. Badan/body perulangan
Yaitu deretan instruksi yang akan diulang
  1. Pencacah /counter perulangan
Yaitu variable yang nilainya harus berubah,agar dapat terjadi perulangan dan pada akhirnya membatasi jumlah perulangan.


Ada  3 macam bentuk perulangan ,yaitu:
            1.While-do
                        Struktur
                                    While kondisi do
                                                ..............
                                                Instruksi
                                                …………
           


            2.Repeat-until
              Struktur
                                    repeat
                                                ..............
                                                Instruksi
                                                …………
                        Until kondisi

           


            3.For
            Struktur
                                    For var awal to var akhir
                                                ..............
                                                Instruksi
                                                …………
           

Minggu, 05 Desember 2010


Struktur Keputusan (Percabangan)

Pengertian:

Struktur program yg melakukan proses untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu garis atau blok instruksi aka diproses atau tidak.

Syarat Dalam Pemrograman:

Sebuah pernyataan Bolean yg dapat bernilai benar atau salah biasanya sebuah syarat terdiri dari operan yg dihubungkan dg operator logika.

Operator logika




Example:
Algoritma & Flowchart
   Untuk menentukan kelulusan mahasiswa?.
   Syarat:
1.Jika nilai > 70, maka ket lulus.
2.Jika selain itu , maka ket tdk lulus.

Algoritma
1.Start
2.Read : nama mahasiswa,nilai
3.If nilai >70,then ket : “lulus”
4.Else ,then ket : “tidak lulus”
5.Write: nama mahasiswa,nilai,ket
6.End



Hubungan Antar Kondisi
1.      Hubungan AND: merupakan hub antar kondisi yg mensyaratkan      kedua kondisi terpenuhi.

Example:
Untuk menentukan karyawan baru dg syarat:
1.Jika berumur < 30 th dan nilai test > = 70,maka diterima.
2.Selai itu, maka tidak diterima.




2.      Hubungan atau (OR): merupakan hubungan antar kondisi yg mensyaratkan hanya salah satu kondisi terpenuhi.



TUGAS

Daftar gaji karyawan PT.Surya.
§         Nama karyawan
§         Jabatan
§         Status
§         Gaji pokok
§         Tunjangan
§         Pajak
§         Gaji bersih
§         Bonus
Syarat:
1.   Jika jabatan:Direktur,maka gaji pokok  =7.000.000
2.   Jika jabatan:Manajer,maka gaji pokok  =5.000.000
3.   Jika jabatan:Staff,maka gaji pokok        =2.500.000
4.   Jika jabatan:Security,maka gaji pokok  =   900.000
5.   Jika jabatan:OB,maka gaji pokok          =   800.000

Tunjangan
§    Hanya diberikan kpd karyawan yg sudah menikah sebesar 5% dari gaji pokok.

Pajak

1.      Jika gaji pokok + tunjangan >= 3.000.000,maka pajak =100.000
2.      Jika gaji pokok + tunjangan 1.000.000-3.000.000,maka pajak =50.000
3.      Selain itu ,maka pajak=0

Gaji bersih

§    Semua pandapatan – semua pengeluaran.

Bonus
1.      Jika status =nikah,maka bonus =TV
2.      Jika status =belum menikah ,maka bonus=Radio











Kamis, 02 Desember 2010

KONSEP TEKHNOLOGI

Pendahuluan

Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :

  1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.

  1. Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :

Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  1. Input
Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.

  1. Output
Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.

  1. Proses Pengolahan Data
Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.

  1. Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.

Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.


Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.

Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.

Algoritmanya :
  1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
  2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
  3. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.


Flowchart

Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :































Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :